Menentukan Instrument Penelitian yang Tepat

Instrument penelitian merupakan komponen penting dalam proses penelitian. Khususnya bagi kalian yang sedang menyusun tugas akhir seperti skripsi ataupun thesis. Masih banyak yang binggung dalam menyusun instrument dan tak sedikit pula dari mereka yang menyususn instrument hanya berdasarkan “copas” dari penelitian sebelumnya sehingga membuat mereka tidak paham terhadap apa yang akan di ukur.

Berdasarkan pengalaman sebagai konsultan olah data, terkadang saya suka ketawa sendiri jika membaca instrument penelitian klien, terkadang tidak nyambung dengan apa yang akan di ukur. Selain itu kalimat yang digunakan juga ambigu atau membingungkan responden. Tapi ya mau gimana lagi, sudah lolos dosen pembimbing. Semoga kalian tidak termasuk golongan yang seperti itu ya “asal lolos pembimbing”. Semoga tulisan saya ini bisa membantu kalian mendapatkan pencerahan dalam menyusun instrument yang tepat. Sebelum saya kasih tipsnya bagaimana menyususn instrument penelitian yang tepat, mari kita pelajari apa itu instrument penelitian.

  • Instrument dapat diartikan sebagai alat, sedangkan instrumentt penelitian adalah alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan, penyelidikan, kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data secara sistematis dan objektif. Bahasa mudahnya, instrument penelitian digunakan sebagai alat bantu dalam proses pengumpulan data. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan proses pengukuran, observasi atau pengamatan atau wawancara.
  • Dalam membuat istrument penelitian, haruslah tepat, artinya dapat mengukur apa yang akan diukur. Pengukuran yang dilakukan akan menghasilkan data yang akurat ketika alat ukur yang digunakan juga tepat. Sebelum alat ukur digunakan dalam mengumpulkan data penelitian, maka dilakukan uji validasi terlebih dahulu, sehingga dapat manghasilkan data yang akurat dan handal
  • Instrument penelitian dibedakan menjadi dua, yaitu instrument tes dan nontes. Instrument tes dilakukan ketika mengukur skala kemampuan individu, dan instrumentt nontes digunakan untuk mengukur skala sikap.
  • Instrument tes dibedakan menjadi dua yaitu tes tertulis dan lisan. Tes tertulis dibedakan menjadi dua tes objektif dan subjektif. Tes objektif berarti jawaban bersifat objektif, artinya tidak dipengaruhi oleh korektor, misalnya tes pilihan ganda, benar salah, isian singkat dan menjodohkan, sedangkan tes subjektif jawaban bersifat subjektif, selain itu korektor juga akan mempengaruhi dalam proses penilaian, misalnya tes esay.
  • Instrument nontes dapat berupa angket, kuasioner, wawancara, observasi

Bagiamana prosedur atau langkah-langkah dalam menyusun instrument penelitian?

  1. Identifikasi variabel: tentukan variabel yang digunakan
  2. Klasifikasi: termasuk dalam instrument tes atau nontes
  3. Menyusun kisi-kisi instrument atau sering disebut dengan table blue print: fungsinya untuk mempermudah kalian dalam membuat butir-butir instrument. Hal-hal yang tercantum dalam menyusun kisi-kisi instrument penelitian yaitu (a) variabel, dipecah menjadi (b) dimensi (boleh ada/tidak menyesuaikan variabel yang digunakan), dari dimensi bisa dipecah lagi ke dalam (c) indikator, dan (d) nomor butir pernyataan (dalam penyusunan butir instrument penelitian boleh urut atau tidak urut, tetapai masih dalam satu variabel). Penyusunan table blue print untuk instrument tes & nontes berbeda.
  4. Menyusun butir instrument: menyusun butir instrument penelitian berdasarkan indikator yang sudah ditentukan sebelumnya.
  5. Telaah butir instrument : dilakukan oleh ahli atau sering disebut dengan expert judgment atau sering disebut juga validasi ahli. Ahli menilai dari aspek materi, bahasa, dan konstruksi.
  6. Uji coba instrument : biasanya disebut dengan uji validitas dan reliabilitas secara empiris.
  7. Merakit butir instrument: menyusun butir-butir mana yang sudah lolos hasil validasi, baik itu validasi ahli ataupun empiris.

 

Gimana, Sudah jelas kan mengenai apa itu instrument penelitian dan bagaimana langkah-langkah menyusunnya. Sekarang saya akan bagikan mengenai Tips bagaimana cara menyusun instrumen penelitian yang tepat.

Tips bagaimana cara menyusun isntrumen penelitian yang tepat

  1. Buatlah instrument penelitian sesuai dengan prosedur
  2. Kuasai materi variabel yang digunakan dalam penelitian kalian, karena butir-butir instrument yang ada dipenelitian kalian diturunkan dari teori-teori yang ada.
  3. Review instrument penelitian yang sudah ada sebelumnya. Nanti bisa dijadikan sebagai sumber refensi kalian dan juga sebagai pembanding.

Baca Juga Tentang: “Instrument tes dan nontes

Post Comment