Tips Sukses Sidang Skripsi/Thesis

sebetulnya sudah banyak ya guys tulisan tentang Tips Sukses Sidang Skripsi/Thesis, tapi mungkin tulisan saya ini bisa menambah wawasan kalian tentang tips sukses skripsi/thesis. Ok guys, sekarang saya share tentang tips sukses sidang skripsi/thesis. Ni hasil pengalaman pribadi, pengamatan saat ngikutin sidang terbuka teman, semoga bisa membantu kalian ya..Aminn

  1. Doa kepada Tuhan YME, minta doa restu Ibu (ortu) dan doa restu pembimbing.
  2. Kenali wajah dosen penguji Kamu : Pelajaran pertama saat mau sidang skripsi/pendadaran adalah kenali wajah dosen penguji kalian. Why? Karna sidang skripsi/pendadaran layaknya perang bagi mahasiswa, maka sebelum berperang kita kenali dulu musuh kita, cari tau info sebanyak-banyaknya tentang tipe dosen penguji kita, dari sifat/watak, kepribadian & beground study. Karna tipe pertanyaan dari setiap dosen penguji sidang skripsi/tesis tidak jauh berbeda dengan sidang-sidang sebelumnya. Kita bisa cari informasi dari temen-temen/ kakak angkatan yang sudah sidang pendadaran terlebih dahulu dengan penguji yang sama dengan kita. Jangan terlena dengan karakter dosen penguji saat mengajar ya Guys, karna bisa bertolak belakang saat mengajar dan saat berperan sebagai dosen penguji (pengalaman pribadi). So jangan malas buat cari info sebanyak-banyaknya tentang karakter calon penguji kita ya Guys..
  1. Kuasai Materi : Pelajaran kedua adalah penguasaan materi, kalo belajar materi biasanya imbas dari pengetahuan kita tentang karakter penguji. Kalo sudah tau karakter pengujinya akan mempermudah kita untuk mempelajari materi-materi mana saja yang harus kita kuasai/perkuat. Kalo tulisan sendiri pasti ga susah untuk menguasai materi, yang jadi masalah udah penelitiannya dibuatin (sekarang kan banyak tu jasa-jasa pembuatan skripsi/tesis/disertasi) malas pula buat mempelajarinya. Jangan sampai kita “menggali kuburan kita sendiri” ya Guys saat sidang.
  1. Penampilan yang OK: Harus bisa menyakinkan, yang biasanya penampilannya urakan ga jelas kalo pas mau sidang/pendadaran “Bening dikitlah” kalo dilihat, pokoknya bikin “mata seger” penguji. Jangan sampai bikin “NEG”. Etzzz… tapi tetep harus sesuai aturan/tradisi yang ada dikampus kalian masing-masing. Karna biasanya dresscoat sidang pendadaran sudah diatur oleh kampus. Ingat mas Bro & mbak Sis, “Kesan pertama begitu indah, selanjutnya terserah Anda”.
  1. Presentasi semenarik mungkin: Hindari tulisan yang panjang lebar, ambil point-pointnya saja, karna presentasi ada timing-nya sendiri. Kalo kebanyakan biasanya penguji juga bosen. Usahakan jangan blepotan saat presentasi, karna kemampuan presentasi kita menunjukkan penguasaan kita terhadap penelitian yang dilakukan.
  1. Simulasi dengan teman kalian: Ini akan memperkuat mental kalian saat menghadapi sidang skripsi/pendadaran. Latihan presentasi di depan teman dan jadikan teman kalian sebagai dosen penguji kalian. Simulasi tanya jawab pertanyaan seputar isi skripsi/penelitian kalian akan sangat membantu dalam menguasi konsep skripsi kalian.
  1. Hindari begadang semalam buat belajar (Don’t Do This Guys, trust me!) : Jangan begadang di waktu malam ujian skripsi kalian. Karna akan membuat lelah mata, pikiran & hati kalian. Istarahat yang cukup, refresing biar rileks, dan tentunya makanlah makanan yang bergizi serta lezat ditubuh kita, Ok Guys!
  1. Jawablah pertanyaan dosen penguji sesuai komposisinya: Jadi ketika menjawab pertanyaan penguji sesuai proporsinya ya guys. Jangan berbelit-belit apalagi muter-muter ga jelas karna itu bisa jadi bomerang buat kita. Jangan “nyolot” saat menjawab pertnyaan dosen penguji. Kalo ada dosen penguji menemukan cela pada tulisan kita, stay cool guys. Jangan kepancing dengan argumen-argumen dosen penguji yang terkadang bersifat manas-manasin kita Guys. Maklum karna pas sidang skripsi tidak hanya pengetahuan kita saja yang diuji tapi mental kita pun juga diuji.
  1. Pasang muka yang calm, santai, friendly & sikap ready untuk di uji: Biasanya teman-teman (saya juga sih) suka masang muka tegang saat mau sidang skripsi/tesis. Walaupun susah untuk menghilangkannya tapi coba untuk rileks,,biasanya kalo sudah presentasi dan menemukan iramanya kita akan lebih rileks.

Nah itu dia kesembilan tips sukses sidang skripsi/thesis versi saya,,semoga bisa membantu kalian dalam pendadaran skripsi kalian,,sukses buat ujian skripsi kalian ya..

Semangat!!

Happy reading 🙂

Post Comment