Jenis-Jenis Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data erat kaitannya dengan penyusunan instrumen dalam penelitian. Pemilihan teknik pengumpulan data yang tepat dapat menghasilkan data yang representatif/sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya bisa diolah dan disajikan agar menjadi informasi yang bermakna (informatif)

Teknik pengumpulan data merupakan suatu cara yang digunakan dalam memperoleh data yang diperlukan dalam pemecahan masalah yang akan/sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian kuantitatif berbeda dengan penelitian kualitatif. Pada penelitian kuantitatif teknik pengumpulan adta yang dapat digunakan angket/kuasioner, dokumentasi, tes, observasi; sedangkan pada penelitian kualitatif dapat menggunakan observasi, wawancara, FGD, & dokumentasi.

Berikut adalah macam-macam teknik pengumpulan data

KuasionerAngket: merupakan seperangkat pernyataan/pertanyaan tertulis (laporan tentang diri sendiri dari responden). Penyusunan angket/kuasioner diawalai dengan penyusunan kisi-kisi instrumen & Butir instrumen

Observasi/ pengamatan: Pengamatan langsung terhadap apa yang diteliti. Sebelum melakukan observasi, terlebih dahulu menyusun pedoman observasi & lembar observasi. Observasi berbeda dengan angket. dalam observasi terdapat observer (orang yang melakukan observasi)

Wawancara: Merupakan kegiatan tanya jawab antara interviewer dengan orang yang diwawancarai. Jenis: Wawancara terbuka (jawaban bebas sesuai dengan pendapat/opini dari narasumber) dan Wawancara tertutup (jawaban wawancara sudah disediakan interviewer). Agar pertanyaan yang diajukan sesuai dengan tujuan awal melakukan wawancara, maka sebelum melakukan wawancara, interviewer menyusun pedoman wawancara (kisi-kisi) terlebih dahulu.

Dokumentasi: merupakan pengumpulan data berdasarkan dokumnetasi yang diperoleh (foto/gambar, catatan, dokumen)

Tes: merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan melakukan pengukuran yang berisi serangkaian pertanyaan, dimana masing-masing pertanyaan memiliki jawaban yang benar

Focus Group Discussion (FGD): panel/ terfokus (dibimbing oleh serangkaian pertanyaan) dan sesi interaktif dengan kelompok yang cukup kecil agar setiap orang memiliki kesempatan untuk berbicara dan cukup besar untuk memberikan keragaman pendapat

Nah itu dia guys, teknik-teknik yang dapat kalian gunakan dalam proses pengumpulan data dalam penelitian kalian. Ketepatan dalam memilih cara pengumpulan data sangat berpengaruh terhadap hasil data yang diperoleh. Ingat guys, observasi berbeda dengan angket/kuasioner, karna dari pengalaman ngajar, masih banyak mahasiswa yang masih suka tertukar pemahamannya antara observasi dengan angket/kuasioner.

Happy Learning 🙂

Post Comment