Tips Menentukan Masalah Penelitian

Sebelum proses penelitian, langkah awal yang dilakukan yaitu menemukan masalah penelitian terlebih dahulu. Tanpa adanya masalah, maka kalian tidak bisa melakukan proses penelitian, karena penelitian merupakan proses pemecahan masalah.

Menemukan ide masalah penelitian bisa dibilang susah-susah gampang, apalagi buat kalian-kalian yang baru pertama nyusun proposal penelitian tugas akhir. Jangan sampai waktu kalian habis hanya digunakan untuk mencari topik masalah dalam penelitian, atau mungkin waktu habis gara-gara bolak balik di tolak dosen pembimbing karena masalah yang kalian teliti kurang memenuhi kriteria kelayakan. Nah ini dia guys cara-cara agar masalah penelitian yang kalian ajukan bisa segera di ACC jurusan atau dosen pembimbing.

Perhatikan bagan di bawah ini:

masalah penelitian

Proses menemukan masalah penelitian dapat diperoleh dari:

  • Literature (sumber bacaan); buku, jurnal, artikel, kajian penelitian sebelumnya.
  • Experience (pengalaman); pengalaman peneliti selama mengikuti proses perkuliahan atau mungkin bisa juga pengalaman dari tempat kerja dan lain sebagainya.
  • Observation; proses pengamatan di lapangan.
  • Result of thinking; hasil dari proses berfikir; rasa penasaran

NOTE: Pilihlah isu-isu yang lagi ngetrend/ ngehits di lingkungan prodi kalian. Update kebijakan-kebijakan pemerintah yang sesuai atau berkaitan dengan prodi kalian.

Setelah kalian menumukan masalah yang akan diteliti, selanjutnya kalian dapat mempertimbangkan apakah isu yang akan kalian ambil sebagai penelitian sudah memenuhi kriteria layak atau belum sebelum maju ke dosen pembimbing, karena jika isu yang kalian ambil merupakan isu-isu yang biasa-biasa saja atau sudah sering diangkat dalam penelitian maka akan sangat memungkinkan proposal yang kalian ajukan ditolak, ga mau kan hal seperti itu terjadi. Ini dapat berdampak negatif pada motivasi menulis kalian, karna biasanya orang patah hati, butuh waktu untuk move on (ceileh..). Nah ini beberapa kriteria bahwa masalah yang kalian ambil layak untuk diteliti:

  • Mencerminkan kebutuhan; adanya kebutuhan akan informasi bagi khalayak terhadap isu/masalah yang kalian ambil.
  • Kebermanfaatan; harus ada manfaatnya, baik secara praktis maupun secara teoritis
  • Aktual; isu yang lagi hangat/ngetrend
  • Originalitas atau unik; keunikan penelitian kalian dibandingkan dengan penelitian sebelum-sebelumnya apa, karan itu dapat menarik keingintahuan dari pembaca
  • Alternatif pemecahan masalah; kira-kira dari isu yang kalian pilih, ada tidak solusi pemecahan masalahnya, mungkin bisa dari sumber bacaan, waktu, biaya dan lain sebagainya.

Setelah kalian bisa mempertimbangkan kelayakan isu atau masalah penelitian yang kalian pilih, selanjutnya bisa dipersempit menjadi Tema penelitian yang akan kalian ambil, jika sudah persempit lagi menjadi Judul. Judul inilah yang nantinya menjadi pertimbangan pertama bagi dosen pembimbing/jurusan untuk menerima atau menolak proposal yang kalian ajukan. Maka dari itu, buatlah judul yang menarik, fokus pada objek yang akan diteliti dan jelas, artinya tidak ambigu atau menimbulkan makna ganda.

Demikian guys, tips dari saya dalam menentukan masalah penelitian kalian, semoga bermanfaat ya..

Happy Learning 🙂

 

 

Post Comment